Pages

Menikmati Pasar Terapung Lok Baintan

Minggu, 23 Desember 2012

Salah satu pasar terapung yang ada didaerah Banjarmasin, Lon Baintan (23/12). (Foto: Istiningrum)


Banjarmasin (SeMar.com) – Pasar terapung adalah salah satu objek wisata khas di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Ada beberapa pasar terapung dikota intan ini, tetapi salah satu pasar terapung yang ramai adalah Pasar Terapung Lok Baintan yang berada di Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Tabuk, Banjar. Untuk menikmati pasar terapung ini, kita bisa menumpangi perahu kayu tenaga mesin, atau yang biasa disebut klotok.

Walaupun sudah banyak pasar modern maupun pasar tradisional didarat, pasar apung tidak pernah sepi pengunjung. Transaksi jual-beli selayaknya pasar tetap berjalan. Barang dagangan yang dijajakan juga semakin bervariasi. Mulai dari buah-buahan, jajanan, makanan daerah, hingga baju dapat ditemukan disini.

Turis domestik maupun mancanegara banyak yang menyambangi Pasar Terapung Lok Baintan ini. Tidak selalu untuk berbelanja, terkadang hanya untuk menikmati suasana sepanjang sungai maupun berburu foto. Inilah yang membuat Lok Baintan selalu ramai setiap harinya.

“Kita jualan setiap hari, dari Senin sampai Minggu. Biasanya mulai jam 6 pagi sampai jam 9. Libur hari besar juga kita tetap buka, kalau lebaran Cuma libur hari pertama, hari kedua sudah jualan lagi,” tutur Restu, penjual makanan kecil di Pasar Terapung Lok Baintan.

Semua penjual di pasar ini menggunakan jukung sebagai alat transportasi. Jukung adalah perahu kecil yang didayung. Barang dagangan mereka letakkan ditengah-tengah perahu. Jika pasar sudah tutup dan barang dagangan masih banyak, pedagang akan menawarkan ke rumah-rumah penduudk sepanjang sungai.

Berjualan diatas perahu yang selalu bergerak memang tidak mudah. Seluruh pedagang dan pengemudi klotok sudah terlatih untuk saling menggeser perahu agar bisa sampai ke perahu yang dituju.

“Saya pernah ketumpahan kuah soto saya yang mendidih, gara-gara ada klotok nabrak perahu saya,” ujar Noriah, penjual soto Banjar di Lok Baintan.
Walaupun berada diatas air dan perlu kerja ekstra disaat berjualan, harga dagangan yang ditawarkan tidak jauh lebih mahal dibandingkan pasar biasa. Untuk seporsi soto Banjar misalnya, dijual dengan harga Rp 10.000,00. (Istiningrum RD/ D0209045)

0 komentar:

Posting Komentar

 
SeMar.com © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum